ALKISAH PENAMBANG DOLLAR DI KAPAL PESIAR

ALKISAH PENAMBANG DOLLAR DI KAPAL PESIAR (BERDASARKAN KISAH NYATA) EPISODE 1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 
Salam Sejahtera Selalu, Om Swasiastu .... 








"Alkisah Penambang Dollar di Kapal Pesiar"????
  

Mungkin kalian juga pernah dengar cerita-cerita dari website, teman / saudara / mungkin ada salah satu dari keluarga kalian yang pernah kerja di kapal pesiar seperti gw salah satunya. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menginspirasi kalian, yang lagi pada galau nyari kerjaan dan janji-jani para pesohor yang katanya mau kasih lapangan kerja seluas-luasnya, yang pada mau kasih kartu pra-kerja lah, yang mau kasih rumah siap kerjal-ah, dan juga buat yang udah kerja tapi  penghasilannya cuma segitu-gitu aja, and cuma numpang lewat aja direkening tiap bulannya. (bener apa bener)
So, baca sampai habis ya... kalo tulisan ini banyak peminatnya tar gw buat bukunya juga tentang perjalanan karir, dan percintaan gw yang dulu gw hampir mau loncat ke laut, gara-gara putus sama pacar pas lagi sayang-sayangnya, kalo perlu filmnya juga (itupun kalo ada produser yang tertarik)....

Gw lulusan SMIP Cantika Wisata tahun 2002 (sekolahnya udah tutup sekarang), kejuruan Tour and Travel. Setelah lulus sekolah, beberapa bulan kemudian gw dapet kerja sebagai waiter di Front Row Sports Grill Jakarta (sekarang sudah tutup) awal gaji gw dulu Rp. 400 ribu utk 3 bulan pertama, setelah itu gw dapat tambahan uang service charge jadi total +/- Rp. 700 ribuan  Agak melenceng dari apa yang udah gw pelajarin 3 tahun disekolah sama dunia kerjanya. Di tahun 2015 gw pindah kerja restoran, namanya Manchester United Cafe berlokasi di Ged. Sarinah Thamrin Jakarta Pusat, bekas tempatnya Hard Rock Cafe dulu sekitar tahun 2000an, namun MU cafe sudah tutup juga usahanya sekarang.

Tahun 2006 awal karir gw di kapal pesiar Star Cruises MV. Pisces yang kapalnya hanya berlabuh di Hong Kong setiap harinya. Kontrak kerjanya 10 bulan tanpa day off, dan 2 bulan vacation tanpa digaji. Pay-day kontrak pertama gw sekitar +/- 250 USD + uang tips dari tamu2nya. Kontrak ke-2 gw naik posisi n' gajinya pun naik juga sekitar +/- 350 USD + uang tips. 
Gaji segitu cukup lumayan buat gw yg lulusan setara sma, bisa kerja dan sambil jalan-jalan ke luar negri, dan dengan hasil jerih payah gw sendiri selama di Star Cruise akhirnya gw bisa ke-beli Laptop di kontrak pertama dan kamera DSLR di kontrak ke-2, yang dulu awalnya cuma pinjem sana-sini kalo tiba2 ada yang minta gw motret. Awal gw belajar fotografi dibantu temen-temen dan browsing sana-sini. Website yang jadi andalan gw fotografer.net .

 
Crew M.V Star Pisces, ini lagi Indonesian Independence Day, 
kita bikin performance tarian kecak ceritanya, hahaha


Selama kerja di MV Star Pisces, yang berbasis di Hong Kong,  banyak kapal pesiar lainnya dari Eropa dan Amerika yg mampir ke Hongkong, and bikin gw ngayal2, "kapan gw kerja di kapal2 itu sambil keliling dunia... "
Pulang kontrak ke-2 dari Star Pisces sekitar tahun 2018-an, gw coba apply ke agency kapal pesiar amerika dan eropa tersebut, dan Alhamdulillah dengan proses yg agak rumit, dari ABCDE sampe Z Dan pada akhirnya gw ke-terima, dan setelah gw dapat jadwal berangkat ke Amerika untuk pertama kalinya, gw bikin acara syukuran bareng temen alumni SMIP (sekalian reunian maksudnya or takut ntar gak ketemu lagi).

Desember 2009, pertama kalinya gw nginjekin kaki di Amerika  yang katanya "God Bless America, Land That I Love" senengnya tak terhingga, seneng banget banget pokoknya.  Se-hari sebelum kerja ke kapal pesiar gw dapat 1 malam stay di salah satu hotel berbintang 4 di Fort Lauderdale, Florida. Pengen banget keluyuran malem2 disana, tapi sayangnya gw jet lag karena penerbangan yg cukup panjang +/- 16 Jam. 

Kontrak pertama gw di kapal MS. Noordam, (Holland America Line), agak kaget diawal-awal, karena jam kerjanya super +/- 13 jam sehari, dan kapasitas tamu kapal tersebut +/- 2500 pax dengan total crew members +/- 700 pax, kebayang donk gimana gedenya tuh kapal. Jarak dari kamar gw ke tempat restoran kadang tuh rasanya pengen naik ojek. Kontrak pertama ini gw dapet gaji +/- 700 USD, dan uang tips +/- 200 USD perbulannya.
ini salah satu kapal Holland America Line, yang sedang berada di Half Moon Cay Caribbean
Private Island-nya si Holland America Line 

Klik link ini untuk kelanjutan Episodenya

Popular Posts